Tags

, , ,

Harus dapat (kembali) merasakan panggung prestasi nasional

Menjadi Finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXV di Tahun Terakhir

Dua hal itu merupakan mimpi ke sekian-sekian-sekian dari daftar mimpi yang aku buat dua tahun lalu. Keduanya merupakan mimpi di semester akhir, jika dan hanya jika saya belum berkesempatan untuk menyelesaikan studi 7 semester. Dan ternyata mimpi itu terkabul.. lewat satu kesempatan yaitu Pendanaan Proposal PKM oleh tim kami…

Tim itu adalah :

Osaliana Budiarto – Statistika ITS 2008 (saya)

Achmad Choiruddin – Statistika ITS 2009

Ary Miftakhul Huda – Statistika ITS 2009

Berbekal proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) bidang Penelitian, perjalanan ini dimulai.

Tujuh juta rupiah  disetujui untuk menjadi bekal kami melakukan sebuah penelitian, penelitian mengenai curah hujan. Berawal dari keprihatinan gagal panen di Kabupaten Mojokerto akibat cuaca ekstrim, kami mencoba membantu dari segi statistika, yaitu meramalkan intensitas dan jadwal hujan yang akan turun, harapannya ramalan kami bisa membantu petani menentukan masa tanam.

Bukan hal mudah untuk mendapatkan data curah hujan. Kami membutuhkan setidaknya 10 tahun (curah hujan 2000-2011) untuk meramalkan curah hujan tahun 2012, dan alhamdulillah dengan usaha keras lobbying dan bekal uang pendanaan, kami mendapatkan data tahun 1990-2011.

Tidak hanya bermodal data, kami pun berupaya mencari opini dan menangkap fenomena yang terjadi di Mojokerto, hingga kami pun berkeliling Mojokerto berulang kali untuk mewawancarai petani dan Dinas Pertanian setempat.

Aga ribet juga penelitian ini, mencari metode terbaik tidak lah mudah. kami pun belajar metode ini itu untuk meramalkan curah hujan. dan kegigihan tersebut membawa kami bertiga ke petualangan seru.

….menjadi Persentator dalam EXPLOSCIENCE, National Young Scientist Conference 2012 @ Institut Pertanian Bogor….

…. TERPILIH, BEST Presentation… dalam EXPLOSCIENCE, National Young Scientist Conference 2012 @ Institut Pertanian Bogor….

Pemakalah dalam SEMINAR NASIONAL KEDAULATAN PANGAN dan ENERGI – UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2012….

Dan SEMUA ITU membawa kami sebagai PEJUANG ITS dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXV di Universitas Muhammadiyah Jogjakarta…

Meneriakkan VIVAT ITS di Jogjakarta !!!

Alhamdulillah…

Terima kasih Alloh, terima kasih semua..

Atas kesempatan membawa nama Almamater tercinta, mengukir prestasi di akhir kuliah…