Tags

, , , , , , ,

 

Pertama di PT. PP : Nyantol di Divisi Bagian Keuangan

Hehehe, pada awalnya memang saya mengirimkan proposal berupa analisis mengenai keuangan, masalah forecasting. Namun tampaknya memang agak susah dilakukan berhubung keuangan di perusahaan konstruksi agak berbeda dengan perusahaan manufaktur. Apa bedanya?

Dari hasil obrolan saya dengan ibu manajer, saya mengerti kalau keuangan konstruksi, apalagi omset perusahaan itu cenderung tidak bisa diprediksi.. ketika penjualan meningkat belum tentu profitnya meningkat loo.. Gitu katanya..

Kalau dipikir pikir benar juga, perusahaan konstruksi harus ber-tender-ria sebelum mengerjakan proyek, besar kontrak juga harus dilihat dulu apa akan memberikan laba yang juga besar terhadap perusahaan. Maklum sih, konstruksi memang riweuh dan cukup belibet bin rumit.

Setelah bercakap cakap ria, akhirnya saya sreg untuk bermain-main dalam riset (saja). Dan akhirnya saya pilih riset kepuasan pelanggan perusahaan… Alhamdulillah saat seminar proposal diterima dan dimudahkan..😀

 

Balik ke PT. PP : Pindah Jalur Ke Bagian Riset

Yuhuu, untung gitu kan yah, mbak Dida di SDM cukup ramah dan sangat membantu saya selama disini.. Gimana nggak, saya minta dipindah ke bagian riset pasar yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Setelah ditelusuri, saya masuk di bagian Riset dan Tenologi dimana membawahi masalah Quality Control, Manajemen Resiko, Pengembangan Bisnis dan sebagainya..

Akhirnya.. Bertemulah saya dengan keluarga baru disini…

 

Sebut saja Lantai 3, itu tempat saya belajar di sini..

Di hari pertama, saya bertemu dengan Pak manajer, Pak Syaukat. Beliau ramah banget, buaik pol pokoke wes.. Saya diberi tempat di bagian riset Quality.

Selama disini, saya bermain-main dengan data, kuisioner, resiko, dan sebagainya. Selain meng-entry data yang saya butuhkan, saya juga main cleaning data, maklum, ternyata ada beberapa data yang tidak bisa digunakan.. Setelah mengumpulkan data yang saya butuhkan, saya pun agak tenang, tinggal mengerjakan banyak hal disini..

Kepuasan Pelanggan Bidang Konstruksi : Riweuh Seru.

Memang kedatangan saya di sini tepat sekali saat perusahaan juga sedang mengevaluasi cara mereka menjaring pendapat mengenai kepuasan pelanggan. Sekalian belajar Tugas Akhir, saya pun mengerjakan evaluasi yang mereka sedang butuhkan.

Evaluasi tersebut saya awali dengan memahami struktur perushaan, cara kerja, dan sebagainya, lalu beranjak pada tools yang mereka selama ini gunakan dalam mensurvey pelanggan, alias kuisionernya.

Evaluasi kuisioner ini membutuhkan waktu yang cukup lama, hampir seharian. Dari mempelajari atribut, dan mencocokkan dengan variable yang seharusnya. Pencocokan ini saya lakukan dengan hunting riset-riset kepuasan pelanggan jasa konstruksi yang pernah ada.

Setelah itu membuat kuisioner baru, diskusi dengan pak manajer, revisi, diskusi, revisi diskusi hingga seminggu, panjaaang, banyak yang dibahas, didebatkan, dievaluasi dan sebagainya..

Dan alhamdulillah selesai juga tuh kuisioner.. Dari total 168 pertanyaan, disusutkan menjadi total 41 pertanyaan saja. Penilaian yang sebelumnya hanya biner (ya/tidak) berubah menjadi rasio nilai 1-100 dengan grade kurang, cukup, baik dan istimewa.

Sangat merubah kuisioner asli hehehe…😀

Selesai? Belum..

Masih harus membuat aplikasi entry dan perhitungannya sehingga ketika nilai-nilai kuisioner dimasukkan, perhitungan dan diagram keluar dengan sempurna, tinggal dibaca dan dipahami.

Mudah saja lah, dari pada mengisntalkan spss atau minitab yang pasti akan merepotkan pihak perusahaan untuk mempelajari, bikin sederhana di excel dengan hyperlink sana sini. Tiga hari selesai untuk mem-fiks-kan dan membuat simulasinya..

Alhamdulillah..

Tidak hanya itu, masih banyak yang saya lakukan dan pelajari khususnya mengenai penjagaan kualitas, maintenance, riset bisnis dan pemasaran, manajemen resiko plus ngerjain TA sendiri hahaha😀

Suka bangetlaah disini..

Cuma galau kangen kalo inget semua yang di Surabaya..

Sehingga setelah tugas saya disini selesai, saya pun pamit..

Tertanggal 3 April 2012, saya beranjak meninggalkan semua yang di sini, sebulan disini mengajarkan banyak hal…

Sedikit tak rela untuk beranjak, pagi sebelum pulang ke Surabaya, saya sekali lagi mendatangi kantor ini.. bertemu dengan orang2 yang menjadi kelluarga baru saya..

“Sukses ya Caaa” – begitu kata mereka..

Terima kasih semuanya, sukses jugaa🙂