Sangat jatuh cinta dengan Jerman -baik dari alamnya, pemain bola hingga bahasanya- membuat saya cukup tertarik dengan Deutschland für Anfänger, alias Jerman untuk Pemula. Berbekal rasa penasaran, akhirnya saya mengunjungi pameran yang digelar di Balai Pemuda, 25 Desember 2011 lalu.

 

Deutschland für Anfänger : Dari A-Z tentang Jerman

Sesampainya di Balai pemuda, saya (yang berangkatnya berdua) langsung disambut ramah oleh “penjaga pameran” di pintu registrasi, ternyata, sebagian dari mereka adalah siswa Goethe Institut (instisusi kebudayaan jerman).

herzlich willkommen” – (selamat datang) sapa salah satu dari mereka

“Oh, Danke schön” – (terima kasih) jawabku

“Bitte schön” – (kembali) sautnya

 

Setelah berbabibu dan menitipkan tas, langsung saja masuk ke Gedung Utama Balai Pemuda. Wuss. Cukup terkesima dengan first view yang terlihat, banyak sekali huruf-huruf di sini, lengkap dari A hingga Z. Tiap huruf melambangkan sebuah kata mengenai Jerman, sebut saja “A” untuk Arbeit (bekerja), “F” untuk Fußball (sepak bola), hingga “Z” untuk  Zukunft (masa depan).

Huruf Huruf Dalam Pameran


Interaktif dan Informatif

Pameran Deutschland für Anfänger menampilkan Jerman dalam bentuk mini.Pengunjung akan banyak mendapatkan informasi terkini mengenai Jerman. Huruf huruf raksasa yang dipajang tidak hanya sebagai inisial sebuah kata, tetapi juga dijabarkan melalui tulisan-tulisan yang menempel di sekitarnya. Saat disana, kami harus membaca secara teliti dan sabar, apalagi sama sama tidak terlalu menguasai bahasa Jerman. Sebenarnya ada guide yang bisa menemani, namun kala itu kami apes, hehe, no guide for us.

Jalan jalan di pameran ini serasa sedang masuk museum, karena  tidak hanya menyuguhkan huruf dan tulisan, tetapi juga audio berupa headset dan pemutaran video. Lagu atau pun suara yang bisa didengar dari headset juga beragam, dari sebuah pembicaraan hingga yel yel pendukung bola.

Selain menikmati jajaran huruf, kami berdua juga menemukan banyak info sekilas jerman, contoh : bagaimana kependudukannya, tingkat konsumsinya, atau pun hal yang lagi in di kalangan jungen (remaja).

 

Nice Place To Take Pictures

HAHAHAHA! Ini oleh oleh yang paling banyak disimpan dari pameran ini. Entah mungkin memang disengaja, penataan huruf huruf ini sangat manis, dan lightingnya cukup memadai untuk bernarsis ria. Kami pun mengabadikan momen disini.

Kalau Ada Lagi : Lebih Luas Dan Menghadirkan Info Mengenai Pendidikan Jerman

Pameran ini cukup menarik untuk didatangi, khususnya orang-orang yang ingin tahu budaya dan sisi menarik Jerman. Hanya saja akan lebih baik kalau tempatnya lebih luas dan banyak memuat info mengenai bagaimana melanjutkan studi ke Jerman. Menurut saya, pendidikan di Jerman merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pelajar Surabaya. Didukung dengan waktu yang cukup panjang (sekitar 2 minggu) rasanya akan lebih bermanfaat dan banyak mendatangkan pengunjung🙂